Minggu, 25 Desember 2016

Backpacker ke Lombok Desember 2015 Part III

Pantai Mawun

Hari pertama dan kedua di Pulau Lombok sudah dilewati dengan menikmati Gilitrawangan yang aduhai indahnya. Hari ketiga kita sudah kelelahan di Gilitrawangan sehingga cuma molor di rumah tante. Mas x sama vita malemnya jalan-jalan ke luar di alun-alun kabupaten mencari makan, aku di rumah aja istrahat karna capek sekali.

Hari ke empat dapet kabar buruk, sodara tante meninggal dunia. Kita ikut sedih dengan meninggalnya sodara tante. Hari ke empat ini kita putuskan untuk di rumah saja. Tante sekeluarga sedang melayat di rumah sodaranya. Kita habiskan dengan molor di rumah sambil menjaga rumah. Rasanya gak enak jadi berasa ngrepotin.

Setelah malam kita di ajak makan ayam taliwang di lapangan kabupaten. Buat pelajaran jangan pernah kalian memakai M3 di Lombok GPRSnya minus susah amat padahal udah di kota. Kita makan di tengah lapangan dengan lesehan meja kecil yang atasnya dikasih lilin. Berasa candle light dinner dah hahhaha. Pas pesen ternyata ayam taliwangnya tinggal satu di beli mas X aku dan vita beli bakaaran biasa dan Ka' wan sama temennya cuma beli kopi dan tante sama galuh beli nasi goreng. Harga makananya yah menurutku aagak mahalll cin dibanding jogja. Ya elah ini Lombok inget Lombok. Ayam taliwang Rp 40.000,- per porsi. Aku beli ayam bakar dengan sambal beberuk terong habis Rp 20.000,00. Sambal beberuk terong itu merupaakan sambal yang dicampul dengan irisan terong kecil-kecil dan perasan jeruk limau. Hemm nyam nyam abiss.

Hari ke lima dan merupakan hari terakhir kita di Lombok karna hari ke 6 kita sudah terbang ke Surabaya. Duh sedih... Dihari terakhir ini, kita jalan ke Lombok Utara dulu dan ke Pantai. Pertama kita menuju ke Air Terjun Benang Kelambu Lombok Utara. Perjalanan kira-kira satu jam dari Praya. Kita melewati arah sembalun. Arggghhh jadi pengen naik rinjani :(. Jalanan begitu sempit tetapi sudah bagus beraspal. Tetapi tetap hati-hati jalanannya sedikit naik turun dan banyak ABG-ABG naik motor ngebut so hati-hati yah guys.

Jam 10.00 kita sampai di Air Terjun Benang Kelambu. Retribusi masuk air terjun sebesar Rp 5.000 / orang dan biaya parkir Rp 10.000,00.  Di sini kita melewati air terjun Benang Stokel dulu untuk sampai di Benang Kelambu. Sepanjang perjalanan kita di suguhi dengen rindangnya pepohonan dan anak tangga yang tak terhitung jumlahnya. Etss jangan kalah dong sama emak-emak dan embah-embah yang di sana pada kuat menaiki anak tangga ini. Aku aja sangat salut dengan mereka yang udah lanjut usia tetapi masih enerjik. Kira-kira lima belas menit kita sampai di air terjun benang kelambu. Ya allah sungguh indah kuasamu. Air terjun ini terbentuk karena patahan-patahan lereng yang menghasilkan aliran-aliran air seperti tirai makanya dinamakan benang kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu

Rame Banget Cin

Si Bolang Jalan-Jalan :D
Kita menikmati air terjun benang kelambu sampai duhur. Sehabis duhur kita lanjut balik ke arah Lombok Tengah. Kita anjut ke Pantai... Ulalaaaaaaaaaa... Sebelum sampai di pantai, kita mampir ke Desa Sade dulu, temenku ngebet banget pengen ke sana. Kita mampir sebentar tanpa biaya parkir hehehhe. Sebenernya kita cuma di luar saja kaarna temenku cuma pengen foto di papan namanya. hehhee.
Welcome di Desa Sade :D

Pintu masuk desa Sade

Setelah puas berfoto, kita melanjutkan perjalanan ke pantai. Saat memasuki jalan alternatif aduhh jalannya rusak parah jadi kudu hati-hati. Jam 13.00 kita sampai di sepanjang pantai selatan Lombok. Tujuan utama kita adalah pantai Tanjung Aan. Retribusi cuma parkir mobil Rp 10.000,00. Sebelum bermain-main kita makan siang dulu di area pantai dengan bungkus nasi yang sama saat di Gillitrawangan dengan harga lebih murah Rp 8.000,00 per porsi. Setelah kenyang kita jalan menuju parkiran eh nemu ayunan foto dulu lah :D
Pantai Tanjung Aan

Aku dan tante pergi ke Bukit Merese dan yang lainnya mandi di laut. Untuk naik ke bukit merese perlu perjuangan guys dengan panas matahari yang amat sangat panas hahhaha. Kita jalan kira-kira satu kilo dari tempat parkir. Kita naik bukit yang gak begitu terjal banget. Sesampai di atas wahhhh bagus banget. Batu payung keliatan banget luasnya tanjung aan dan birunya air laut. Ya allah bagus banget arghhhhhhhhhh.

Bukit Merese

Batu payung udah di dapan mata :(

kok cuma sandalnya tan ? :D

Pantai Tanjung Aan dari atas

Action tan :D

Barat Bukit Merese

Alonely Girl Losing Lombok :D
Setelah puas, kita turun dan nemuin mereka yang lagi mandi di laut. Aku minta tante mau ke Batu payung karna banyak nelayaan yang nawarin ke batu payung dengan tarif Rp 5.000,00 ahhh gimana gak pengen :( tapi waktunya gak cukup yasudah. :( setelah puas kita langsung lanjut ke Pantai Mawun. Sebelum ke pantai mawun kita mampir dulu ke Pantai Kuta dengan biaya parkir Rp 10.000,00.

Pantai Kuta Lombok

love sea :D

Emak-emak foto :D
Setelah puas berfoto, kita lanjut ke pantai mawun. Di sini kita masuk dengan retribusi parkir Rp 10.000,00. Pantai mawun bagus banget sumpah. Mereka melaanjutkan mandi di laut aku boboan berteduh di bawah pohon. Sumpah bagus banget andai saja rumahku dekat dengan mawun hiks. Benar-benar lombok itu surga yang tersembunyi. Banyak banget bule yang sedang bersama keluarganya menikmati air laut nan biru.

satu dua tiga action :D

Nikmat Tuhan Mana yang Kamau Dustakan?

My road my life
Hari sudah mau beranjak sunset, kita langsung cap cus bergegas ke pantai terakhir yaitu pantai Selong Belanak. Kata tante pantai ini adalah pantai yang paling bagus di Lombok. Jadi penasaran banget sumpah. Cus kita ke selong belanak untuk menikmati sunset.  Di sini kita masuk dengan retribusi parkir Rp 10.000,00. Jam 17.00 kita sampai di selong belanak. Pantai dengan ombak yang tenang hamparan pasir yang luas cocok banget untuk berselancar. Banyak banget bule yang sedang bermain selancar. Aku cuma bisa takjub dengan keindahan pantai ini :'(. Menurutku ini pantai paling bagus di lombok untuk menikmati sunset. Selong belanak semoga kita berjodoh lagi hingga kita bisa bertemu kembali.
Sunset Selong Belanak Beach

We Love You :'(

Puas banget rasanyaa masih pengen main di sini :(
Setelah maatahari terbenam kita langsung buru-buru pulang. Kata tante, jalanan di sekitar pantai sekarang lagi rawan pembegalan kalau sudah gelap makanya kita langsung buru-buru pulang. Melihat tante dengan expresi ketakutan waktu sepanjang jalan jadi ikutan takut juga. Katanya sebelumnya ada dua bule prancis yang habis di begal makanya jadi pada takut. Pokoknya tunggu sampai ketemu jalan utama jika mau aman. Yah gimana gak takut jalan sekitar pantai juga minim penerangan. Akhirnya isya kita sampai di rumah. Kita langsung bersih-bersih dan packing.

Hari ke 6, hari terahir kita di lombok syedih. Kita langsung bangun subuh karena jam 7.00 kita harus berangkat ke bandara. Tante dan Galuh ikut liburan ke jogja yeayyy. Sebelum berangkaat, kita pamitan dengan keluarga tante. Terimakasih Ibu Bapak dan semua keluarga tante, yang udah menerima kami sebagai saudara. Sudah  menemani kami jalan-jalan dan masih banyak yanag gak bisa disebutkan dengan kata-kata. Terimakasih Tante Riya, Ibu Bapak, Kak uyung, Ka' Wan daan Galuh. Terimakasih semua keluargaku di Lombok maaf bila kita melakukan banyak kesalahan disengaja atau tidak. Maaf banget.
:D

Terimakasihhh :D

Untuk pulang kali ini kita gak berani backpack karena angkutan malam padang bai - gilimanuk gak ada kecuali rental mobil. Masih bingung dengan keadaan di sana apalaagi ubud kalau malem katanya serem. Bila naik bus harganya juga sama dengan naik pesawat sampai surabaya. jadi kita putuskaan untuk naik pesawat dari Lombok - Surabaya dengan harga Rp 345.000,00 terus dilanjutkan naik Sri Tanjung dari Stasiun Gubeng sampai di Jogja. Kita take of jam 8.30 WITA sampai di Surabaya jam 09.30. Perjalanan dari Bandara ke Stasiun Gubeng menggunakan taxsi dengan biaya Rp 125.000,00. Bapaknya baik banget loh. Awalnya kita di tawari dengana harga sama ternyata bapaknya dengan kasar gak mau bentak-bentak karna 6 orang minta lebih kita gak mau akhirnya dateng bapak baik banget ini dengan free parkir dan masuk tol. Jam 11.00 kita sampaai di setasiun gubeng makan siang dulu di warteg. Aku makan nasi rames Rp 12.000,00. Jam 12.30 kereta sri tanjung berangkat dan akhirnya sampai jogjaa jam 20.30. Karna udah capek aku langsung naik taksi aja bertiga sama tante dan galuh dengan biaya Rp 50.000,00 dari Stasiun Lempuyaangan ke kosku di daerah Seturan. Katanya itu sedikit mahal tapi karna capek aku gak mau ambil pusing. Alhamdulillah jam 21.00 kita sampai di kos.

Biaya :

6. Kereta api sri tanjung                                   : Rp 100.000,-

7. Makan di setasiun                                        : Rp 12.000.-

8. Taksi Lempuyangan-Kos                             : Rp 50.000.-

Total                                                                   Rp 725.000,-