Senin, 27 Februari 2017

Punthuk Mongkrong, Punthuk Sukmojoyo dan Curuk Watuploso Giritengah Borobudur

Puthuk Mongkrong view Merapi Merbabu

Hallo Weekend.. Setelah sebulan off tanpa mengisi blog karena mood sedang memburuk, kali ini aku akan mengeshare ngebolangku di kota tetangga. Kali ini aku akan mengeshare perjalananku di kota Magelang. Tepatnya bukan di Magelang Kota tetapi di Kabupaten Borobudur yang berada di lereng pegunungan menoreh. Pegunungan menoreh merupakan pegunungan yang membatasi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah di bagian utara dan barat.

Di lereng pegunungan menoreh ini menyimpan banyak tempat wisata untuk berburu sunrise atau sunset dengan panorama lima gunung sekaligus. Salah satu tempat yang kita kunjungi adalah Bukit Mongkrong dan Puthuk Sukmojoyo. Dua tempat ini biasanya diburu wisatawan untuk menikmati sunrise atau sunset. Selain itu, ada juga tempat wisata air terjun yaitu Curuk ploso yang letaknya tidak jauh dari bukit mongkrong. Tiga tempat wisata ini letaknya berdekatan yaitu di pegunungan belakang Candi Borobudur.

Bulan Oktober 2016, kita berangkat dari Jogja menuju Borobudur. Kita berangkat jam 6 pagi. Perjalanan membutuhkan waktu kira-kira satu jam perjalanan. Kita berangkat melewati rute Jogja - Ring Road Utara - Jalan Kebon Agung - Sayegan - Nanggulan - Candiroto - Borobudur. Perjalanan dimulai dari kos  Jalan Perumnas - Terminal Jombor lurus ke arah pasar cebongan - Pasar cebongan lurus - Perempatan SMP N 1 Sayegan ambil kanan - SMP N 2 Tempel lurus sedikit ada pertigaan ambil kanan - lurus sampai pertigaan Jalan blingo ada plang ke arah Duwet - Nyebrang Jembatan Gantung Duwet - lurus sampai jalan utama ambil kanan lurus sampai pertigaan yang ada plang jalan alternatif borobudur ambil kiri - sampai di Borobudur ambil kiri melewati jalan badrawati - sampai dipermpatan SD Tuksono 1 ambil kanan lurus kira-kira 1 km an - setelah sampai di perempatan ke dua ada plang ke arah puthuk mongkrong ambil kiri - sampai di pertigaan kelurahan ada plang lagi ambil kanan lurus ikuti petunjuk jalan kira -kira 1 km an sampai ke bukit mongkrong.

Perempatan SD Tuksono 1

Plang arah jembatan duwet

Pertigaan masuk ke arah Jembatan Duwet

Pertigaan dari sayegan ke arah jembatan duwet
Arah Jemaabatan Duwet
Jembatan Duwet ke Puthuk Mongkrong

Harus di perhatikan yah, bahwa jalan dari kelurahan naik ke arah puthuk mongkrong sangat berbahaya khususnya pengguna motor matic. Jalannya nanjak terus dan kudu hati-hati karena kanan kiri jurang. Untuk kondisi motor harus di pastikan dalam keadaan prima agar tidak memakan korban jiwa. Untuk berhati-hatinya saat turun atau balik khusus pengguna motor matic jangan di rem terus dan harus pelan-pelan karena jalanan menurun terus dan apabila rem sudah panas lebih baik berhenti dahulu. Jalan ini sudah memakan korban tiga kecelakaan dan mereka menggunakan motor matic selama puthuk mongkrong di buka untuk wisata. Kecelakaan terjadi karena motor di rem terus sehingga kehilangan kendali ketika di tikungan sehingga masuk jurang. Korban pertama meninggal dunia. Sehingga hati-hati yah guys untuk jalan pulangnya. Sudah banyak papan petunjuk agar hati-hati dalam berkendaraan karena jalan curam. Bila mau jalan yang tidak begitu curam bisa balik mutar melewati curuk ploso nanti ketemunya di perempatan jalan yang ada plang bukit mongkrong awal tadi tetapi jalan lumayan mutar jauh. Nanti panitia wisata biasanya sudah memberikan peringatan kepada kita untuk turunnya kudu hati-hati. Itu kemaren yang aku dapet karena kita memakai motor matic.

Tujuan pertama kita adalah Bukit Mongkrong. Setelah nanjak melewati jalanan curam kita awalnya akan bertemu dengan Puthuk Sukmojoyo dari jalan sudah kelihatan tulisan besarnya dan ada gang masuk bertuliskan Puthuk Sukmojoyo. Kita putuskan untuk Puthuk Sukmojoyo nanti terakhir karena kita mau ke Bukit Mongkrong dulu. Naik tidak terlalu jauh dari Puthuk Sukmojoyo kita sampai di pertigaan yang jika ke kanan sampai Bukit Mongkrong dan kalau ke kanan nanti ke arah Puthuk Sukmojoyo dari jalan bawah (sebenrnya lebih dekat) dan curuk watu ploso. Kita kemudian ambil kiri masuk kira-kira 100 meter sampai di parkiran Puthuk Mongkrong.

Pertigaan Ke Puthuk Mongkrong (lurus), kiri curuk ploso
Setelah parkir kita masuk dengan membayar retribusi Rp 4.000,00 per orang dan parkir motor Rp2.000,00. Kemudian kita berjalan naik kira-kira 500 meter dengan anak tangga yang licin karena masih tanah liat dan baru direnovasi. Dengan anak tanggaa yang masih tanah dan bebatuan sempit, akhirnya kita sampai di bukit mongkrong jam 07.15. Ya allah bagus banget karena kita bisa melihat lima gunung sekaligus sebelum semakin siang semakin tertutup awan. Lima gunung itu adalah Sindoro, Sumbing, Ungaran, Merapi dan Merbabu. Keren kan??? Apabila kita naiknya saat sunrise wahh bener-bener berasa di atas awan. Sayangnya kita sampai jam tujuh pagi hehehe. Kita juga bisa melihat puthuk sukmojoyo di bawah dengan hamparan bukit yang menjulang dengan tulisan khasnya. Setelah puas kita putuskan turn dan lanjut ke curuk watu ploso yang jaraknya hanya turun satu kilo dari mongkrong.
Puthuk Mongkrong

Jam 8 kita turun ke curuk watu ploso. Dari pertigaan tadi kita ambil kiri atau turun ke arah watu ploso. Jarak kira-kira 1 km an ke arah watu ploso dengan turunan yang lumayan curam. Sebelum sampai di curuk ploso ada plang ke kanan ke arah puthuk sukmojoyo kita awalnya ragu jadi kita lurus ke arah watu ploso saja dan ke puthuk sukmojoyonya lewat jalan yang awal saja. Setelah turun kita masuk kana yang ada tulisannya curuk watu ploso. Kita masuk di area rumah warga kemudian parkir di dalam rumah warga. Pejaga di curuk watu ploso pemilik rumah itu sendiri. Untuk tiket masuk Rp 3.000,00 per orang dan parkir Rp 2.000,00. Setelah itu kita turun dengan anak tangga kecil kira-kira 500 meter an. Pengunjung curuk watu ploso hanya kami berdua jadi benar-benar sepi (bukan seneng tapi takut guys). Setelah jalan kurang lebih 5 menit kita sampai di watu ploso. Air terju dengan bebatuan yang bergelombang gelombang. Untuk air terjun tidak begitu deras tetapi tetap hati-hati guys karena bebatuannya sangat licin dan bawah langsung jurang.
Curuk Watu Ploso

Bebatuan Watu Ploso

Selamat Datang :D
Arah Mongkrong ke Watu Ploso

Setelah puas bermain air, jam 9 kita lanjut ke adestinasi terkhir puthuk sukmojoyo. Kita balik lagi naik ke atas dan turun lagi dengan hati-hati karena di sepanjang jalan tiap ada penduduk di depan pasti bilang "hati-hati mas aja d rem terus nek rim e wes panas mandek wae." (Pelan-pelan mas jangan direm terus, kalau rem nya sudah panas mending berhenti aja) karna saking parnonya pas turunan tajam aku milih jalan kaki temenku tak suruh naik motor pelan-pelan sendiri turun sampai di gang masuk Punthuk Sukmojoyo. Jam 9 lebih kita sampai ke Punthuk Sukmojoyo. Setelah parkir Rp 2.000,00, kita memulai perjalanan panjang kita menaiki bukit kecil sukmojoyo. Perjalanan menyusuri jalan desa dengan samping kandang kambing warga dan masuk ke perkebunan ketela warga. Dengan butuh perjuangan alias ngos-ngosan dan banyak istirahat, kira-kira 20 menitan kita sampai di Sukmojoyo. pas mau sampai di pintu gerbang kita melongo loh kok ada parkiran motor di sini? Ternyata itu jalur masuknya melewati jalan sebelum curuk watu ploso tadi jadi kita gak jauh buat nanjak ke sukmojoyo. Untuk karcis masuk ke sukmojoyo seikhlasnya. Nanti ada kotak kecil yang di jaga ibu-ibu pas pintu gerbang sukmojoyo. Aku ngasih Rp 5.000,00 berdua.

Sampai di punthuk suskmojoyo kita kehabisan tenaga karna jalan nanjak jauh banget. Loyo haus panas ahhhhh tapi gak seberapa dengan apa yang udah aku dapetin. Panorama pegunungan yang sangat bagus dan indah dengan banyak miniatur bangunan dari bambu. Pokoknya keren abis gak bakal nyesel dah. Di spanjang jalan menuju ssukmojoyo juga disediakan gubuk-gubuk kecil untuk beristrahat.

Paarjalanan setapak menuju sukmojoyo

Gardu Pandang Sukmojoyo

View Puncak Sukmojoyo

Sukmojoyo Hill

Miniatur Kapal

Dari watu ploso ke sukmojoyo
Sukmojoyo Hill biasanya ramai pada sore dan malam hari. Mereka biasanya ke sukmojoyo untuk menikmati sunrise, sunset dan gemerlap lampu kota pada malam hari. Rata-rata pengunjung merupakan pasangan muda-mudi yang lagi pacaran (kata si ibu penjaga loh). Kalo aku ma cowoku mah bukan pacaran tapi nyari destinasi keren hahaha (nyari foto bagus maksudnye :D). Setelah istiraahat di atas karena kelelahan nanjak, kita putuskan turun dan balik karena liat selatan sudah mendung banget.

Kita mampir ke mendut dulu untuk cari pom dan sholat duhur. Karna sudah lapar dan gerimis kita putuskan untuk mampir makan sate kambing di depan POM Mendut di Jalan Mayor Kusen. Kita mampir di warus Sate Bu Sumini karena dari pagi kita sudah kelelahan jadi waktunya buat ngisi tenaga extra hhahaaa. Satu porsi sate kambing + air minum + nasi di bandrol Rp 30.000,00. Selagi nunggu hujan reda, kita nikmatin satenya dulu. Untuk porsi lumayan banyak dan lumayan enak juga rasanya. Top Markotop dah. Setelah hujan reda dan kenyang jam 13.00 kita putuskan pulang. Alhmdullillah jam 14.00 kita sampai kos dan tidak keujanan.

Biaya :

1. Bensin                                                                  : Rp 30.000,00

2. Tiket Masuk Puthuk Mongkrong                        : Rp 8.000,00 / 2 orang

3. Parkir Punthuk Mongkrong                                 : Rp 2.000,00

4. Tiket masuk Curuk watuploso                            : Rp 3.000,00

5. Tiket parkir watuploso                                       : Rp 2.000,00

6. Tiket masuk Punthuk Sukmojoyo (seiklasnya) : Rp 5.000,00

7. Tiket parkir sukmojoyo                                     : Rp 2.000,00

8. Jajan                                                                  : Rp 10.000,00

9. Makan sate kambing                                         : Rp 60.000,00 / 2 orang

10. Parkir sate kambing                                        : Rp 1.000,00

Total                                                                     : Rp 123.000,00 / Rp 61.500 per orang