Rabu, 14 Desember 2016

Backpacker ke Lombok Desember 2015 Part II

Gili Trawangan

Melanjutkan perjalananku ke Lombok tahun lalu, aku akan menceritakan perjalananku ke tempat-tempat wisata di Lombok yang bagus banget. Hari pertama menepakkan kaki di Pulau Lombok, kita dijempu oleh keluarganya Tante, ada bapak, kaka tante, adik tante, dan tante sendiri. Mereka sangat baik kepada kami dan sangat wellcome. Ahhh terimakasih tante sudah dateng menjemput kami.

Perjalanan hari pertama dimulai dari sini, kita balik menuju rumah Tante di daerah Praya, Lombok Tengah. Perjalanan kira-kira 30 menitan dari Pelabuhan Lembar. Wahhh Lombok masih sepi yah gak semacet Jogja. Tetapi sayang sekali safety buat pengendara motor kurang tertip. Masih banyak yang tidak menggunakan helm saat berkendaraan. Waktu di sepanjang jalan kita disuguhi dengan banyak masjid yang megah dengan bangunan yang dirancang sangat unik. Pantas saja Lombok disebut sebagai pulau dengan seribu masjid.

Rumah tante berdekatan dengan kompleks kantor pemerintahan dan lapangan. Setelah sampai rumah, disambut oleh keluarga tante, ada ibu, Ka' wan walaupun udah break tapi kita tetep berhubungan baik kok :) mereka semua menyambut kita dengan ramah-ramah. Mereka keluargaku di Lombok. :D
Setelah itu kita dijamu makan siang dengan makanan khas Lombok langsung yaitu Plecing Kangkung emmmh enak banget rasanya asam pedas asin top markotop dah. Setelah makan langsung capcus mandi karena udah dua hari gak mandi hahahha.

Sore hari, Tante ngajak kita ke daerah Malimbu, Lombok Barat buat nyunset. Yuk cuss kita ke Malimbu buat liat sunset yang menggoda. Ahhh udah gak sabar nyunset :D Cuss langsung kita berangkat ke Malimbu. Perjalanan dari Praya memakan waktu satu jam an karena macet cin di Mataram.  Dari Praya kita ke arah Mataram dan jalan di pinggir pantai di daerah Malimbu. Jalan ini merupakan jalan menuju Gili Trawangan. Kita berhenti di perbukitan pasnya di Malimbu Hill. Banyak pedagang yang menjajakan cindera mata di Malimbu dan banyak banget wisatawan berhenti menikmati sunset. Ya allah akhirnya Lombok aku di Lombok :D
Malimbu Hill

Susetnya ketutup awan cin

Setelah matahari tenggelam, kita berangkat mau makan seafood di daerah dekat Malimbu apa lupa nama daerahnya. Makanannya begitu mahal-mahal gak jadi deh kita balik makan sate Bulayak di taman kota Mataram tepatnya lupa-lupa ingat heheh. Sate bulayak ini unik banget karena daginya campur ayam dan daging sapi dan makannya memakai sejenis lontong gitu tapi dibungkus daun kelapa muda. Harga per porsi Rp 20.000,00 yang mahal es jeruknya cin Rp 6.000,00 per gelas. Setelah puas makan kita balik ke rumah tante buat nyiapin perlengkapan kita ke Gili Trawangan. Yey... karena taun baru 2016 akan kita lewati di pulau kecil nan indah ini.

Sate Bulayak

Hari ke dua jam 8 an kita berangkat ke Gilitrawangan. Yang brangkat aku dan dua temanku, tante, adiktente si Lulu dan dua teman tante. Ka' wan gak ikut karena dia ada acara sendiri bareng teman-temannya di batu payung. Perjalanan dari Praya ke Lombok Utara ditempuh 1,5 jam. Sesampai di pelabuhan menuju Gili Trawangan, mobil kita parkir kemudian kita membeli karcis kapal biasa Rp 10.000,00 per orang. Kita langsung berangkat setelah dipanggil sama abangnya. Dengan panas yang sangat menyengat kita menikati indahnya lautan luas menuju gili trawangan. Eh kenalan sama teman baru anak bayuwangi yang sama-sama lagi berlibur ke Gilitrawangan. Setelah hampir setengah jam kita sampai di Gilitrawangan. Sebelum masuk ke gilitrawangan, salah satu rombongan harus meninggalkan KTPnya di sekuriti cek dan saat malam taun baru dilarang membawa jaket dan tas ransel. Setelah beres, kita jalan kepenginapan di tempat saudara tante. Karena tante udah booking lama di high seasson ini kita dapet tarif Rp600.000,00 per kamar. Normalnya sekitar 300-400 ribu.

Setelah cukup istrahat, dua temanku ikut main snorkling ke tiga gili dengan tarif Rp 150.000,00 per orang. Sebenernya aku pengen ikut, tapi kok rasanya panas banget pengen sepedaan aja nanti sambil menikmati sunset. Oia di Gilli Trawangan tidak diijinkan kendaraan bermotor jadi di sini cuma ada Bule jalan kaki, naik sepeda sama naik Cidomo seperti andong kalau di jogja. Sewa sepeda Rp 35.000,00 puas buat ngelilingin pulau satu ini.

Habis asar kita berangkat naik sepeda berempat. Dengan sedikit kepanasan kita jalan-jalan muterin pulau ini. Tuhan,,, bagus banget sumpah kanan kiri kita disuguhi restauran dan vila dengan desain interior yang sangat menakjubkan. Bagus banget dan lalu lalang bule berjalan hilir mudik berasa seperti di kampung Bule. Tujuan utama kita adalah kita mau nyari ayunan yang ada di bibir pantai di Restoran Ombak Sunset. Katanya butuh waktu 20 menitan buat ke sana. Yawdah kita muterin tuh jalan pinggir pantai. Aduhaiiii bulenya banyak banget cinn. Sumpah kangen banget dengan suasana gili trawangan waktu itu :') jalan sepedaan di sore hari hemmmm mantaffff. Gak terasa kita udah muterin tuh pulau ya ampun kenapa gak keliatan tu ayunan. Yawdah kita muter balik menuju ayunan tadi. Ternyata ayunan tadi masuk wilayah restoran. Kita langsung parkirin tuh sepeda di barat restoran kemudian duduk nunggu antri foto di depan ayunan hheheh. Eh buju busyet ada bule cantik banget lagi foto kayaknya sih emang diya model gitu. Ahhh indahnya menikmati sunset di Gili Trawangan.

Teman berlayar kita :D

Restoran Villa Ombak Sunset

Seksinya tu Bule :D

Duduk sambil menikmati sunset

Harus basah-basahan dulu biar bisa selfi di sini :D

:p

Aduh si abang ikutan nongol

Sunset di Gili Trawangan

Bener-bener kampung bule

Pantai Gili Trawangan

Setelah malah kita lanjut pulang untuk persiapan ke pesta Tauan Baru di Gili Trawangan. Waktu perjalanan pulang kita membeli nasi bungkus dengan harga Rp 10.000,00 per porsi murah kan bentuknya juga lucu hehe. Jam 10 malam kita berangkat jalan ke arah pinggi pantai untuk menikmati kembang api. wahhhh sumpah jalanannya bener-bener padat dengan banyak bule yang sedang berpesta Banyak banget pesta-pesta di setiap cafe. Jujur sebenernya aku  dalam hatiku kurang seneng maklum aku gak suka pesta-pesta kayak gitu mesti isinya alkohol dan marijuana hahhahaha kaatanya sihh :p Gak tau hawanya gak enak banget tapi aku enjoy dengan musiknya. Kita cuma mau nikmatin pergantian taun dengan bunga api yang berpijar-pijar di langit. Pas pukul 00.00 WITA kembang api melesat ke latas dan orang-orang berteriak senang sekali. Ahhhh senang sekali aku bisa taun baruan di Gili Trawangan :D Jangan khawatir untuk keamanan sudah dijaga penuh oleh kepolisian.

Suasanan malam Gili Trawangan
Setalah badan lelah capek kita kembali ke penginapan dengan membeli nasi bungkus  lagi dan makan di sekitar pinggir pantai. Setelah itu kita langsung balik ke penginapan dan tidur. Hari ke tiga, jam 9 kita packing dan balik ke Pulau Lombok. Jam 12 an saat perjalanan pulang kita mampir makan di Nasi Balap yang terkenal di Lombok dengan harga per porsi Rp 20.000,00. Setelah selesai makan, kita langsung pulang. Sesampai di rumah tante, kita langsung bersih-bersih dan istrahat. Untuk cerita selanjutnya ada di part 3 yah sekian dulu ceritaku di pulau Gili Trawanagan.