Selasa, 08 November 2016

Meng-explore Perbukitan Menoreh Samigaluh Kulon Progo

Kebun Teh Nglingo
Salah satu Hidden Paradise di Jogja terletak di Perbukitan Menoreh. Perbukitan yang menyimpan begitu banyak tempat-tempat indah yang sulit dirangkai dengan kata-kata. Tetapi sayangnya bagi para pelancong yang ingin menikmati keindahan tempat ini harus berkorban lebih. Pasalnya tempat perbukitan ini terkenal dengan jalanan yang cukup extrim. Walaupun extrim, pemerintah sudah membenahi akses jalan menuju tempat-tempat wisata di sana. Pemerintah sudah melebarkan akses jalan dan mengaspal jalan-jalan menuju tempat wisata.

Dengan jalanan yang terkenal cukup extrim dan bikin senam jantung, bagi yang ingin mengexplore tempat ini aku saranin dengan motor yang kondisinya masih prima. Apabila memakai mobil yah silahkan tapi banyak akses jalan yang hanya cukup dilalui satu mobil saja, so harap hati-hati, butuh konsentrasi tinggi, tau medan dan si sopir kudu lincah. Mobil juga harus dalam kondisi prima. Itu tipsku bagi yang mau bawa mobil guys. Karena tak tanggung-tanggung jurangnyaaa alamakkk, tanjakannnya ada yang ekstrim dan gak tanggung-tanggung tikungannya jos banget.

Kemarin aku udah jabarkan perjalananku di bagian selatan perbukitan menoreh, yaitu di daerah Kokap, Kulon Progo. Kali ini aku akan menjabarkan perjalananku di daerah utara yang berbatasan langsung dengan Magelang, Jawa Tengah, yaitu di daerah Samigaluh, Kulon Progo. Tempat yang aku kunjungi yaitu Kebn Teh Nglingo, Bukit Kukusan dan Kendeng, Bukit Widosari, dan Curuk Siluwuk.

Bulan Februari 2016, aku berangkat ke Samigaluh dari kos, jalan Perumnas jam 08.00 kemudian melaju ke arah jalan godean. Dari jalan godean lurus terus ke arah nanggulan, kulon progo. Setelah melewati jembatan kali progo, lurus sedikit sampai di perempatan kita ambil kanan ke arah kalibawang. Setelah menemukan perempatan lagi kita ambil kiri ke arah samigaluh. Sebenarnya ada jalur alternatif lagi yang menurutku lebih dekat yaitu dari ring road utara ke jombor kemudian masuk terminal jombor lurus ke barat melewati jalan kebon agung, sesampai jembatan kali progo lurus sedikit sampai di perempatan kalibawang baru lurus ke arah samigaluh. Dari sini jalan mulai dengan tanjakan yang cukup extrim jadi kudu hati-hati guys. Lurus ikuti jalan dekso-samigaluh lurus terus naik nanjak kira-kira 10 km an kita sampai di perempatan Pasar Plono ambil kanan ke arah kebun teh nglingo. Lurus ikuti petunjuk jalannya saja. Sudah banyak petunjuk jalan ke arah kebun teh ini. Tetapi karena hari itu habis terjadi longsor, jadi kita dialihkan jalannya. Bagi yang membawa mobil tidak dapat ke kebun teh tetapi yang menggunakan kendaraan bermotor ada jalan arternatif melewati jalan yang menurutku cukup ekstrim.

Kita balik ke timur sesampai menemui masjid kita bingung karena tadi waktu bertanya dengan orang di pasar setelah masjid ini masuk dan tidak dilanjutin lewat mana lagi. Untungnya ada bapak baik banget yang mau pulang juga ke arah kebun teh. Beliau dengan baik hati mengantar kami ke arah kebun teh. Dari masjid kita lurus kira2 100 m an kemudian ambil kiri lurus naik nanjak. Ikuti jalan tadi dan hemmm jalannya sangat2 extrim makkkk. Si abang hampir aja gak kuat dan mau masuk jurang. Undah gitu mau nabrak bapaknya karena kita udah ngegas naik eh motor bapaknya gak kuat. ahhhh gak lagi-lagi lewat sini kalau gak kepepet. Setelah melewati jalan yang cukup ekstrim dan licin akhirnya kita berpisah sama bapaknya di pertigaan. Kita disuruh lurus terus katanya  udah dekat. Ehhh iya udah nyampe. Pas liat ke samping loh itu kan Gunung Kukusan ternyata satu komplek dengan Kebun Teh :D Akhirnya Jam 10.00 kita sampai di Kebun Teh Nglingo.
Melewati Jalan Kebon Agung
Melewati Jalan Godean

Jalan Alternatif Ke Kebun Teh
Jalan Menuju Kebun Teh Nglingo
Setelah sampai di kebun teh nglingo kita putuskan untuk parkir di bagian bawah. Bagi yang melewati jalan utama akan langsung sampai parkiran ini. Parkir motor Rp 2,000,00 untuk masuk ke kebun teh kita gratis karena lewat atas. Untuk tiket masuknya kurang tau. Kemudian kita putuskan untuk naik menuju Gunung Kukusan dan Kendeng dulu. Kita jalan naik ke kedua bukit ini dengan retribusi Rp 3.000,00 per orang. Sebenarnya kedua bukit ini sudah memasuki wilayah Magelang, Jawa Tengah.  Karena letaknya berada di perbatasan dengan Kulon Progo dan dekat dengan Kebun Teh Nglingo,  sering disebut masuk ke wilayah Kulon Progo.
Kebun Teh di depan Parkir Motor

Bukit Kukusan dan Kendeng

Kebun Teh Nglingo
Setelah puas di puncak gunung kukusan dan sudah rame kita turun gantian dengan yang lainnya. Walaupun weekend tempat ini keliatan sepi karena jalan utama tertimpa longsor. Apesnya lagi ada satu keluarga yang menggunakan mobil berangkat kepagian nah pas mau turun tidak bisa karena jalan  kena longsoran sehingga jalan ditutup dan sedang ditangani warga dan relawan. Kita langsung naik lagi menuju ke Puncak Widosari yang arahnya searah dengan jalan pulang. Kita langsung balik, setelah menemui masjid kita langsung melihat plang ke arah widosari, kemudian belok kanan lurus ikuti plang menuju jalan yang kiri kanan berupa hamparan kebun teh. Akhirnya kita sampai di sebuah rumah yang merupakan penitipan motor dan loket menuju puncak widosari. Ngeri.. pas liat di samping rumah ada tebing yang longsor. Untung gak longsorin rumah keluarga ini batinku. Kita sampai pukul 11.00 kemudian membayar retribusi 3.000,00 per orang dan parkir motor Rp 2,000,00. Waktu lihat motor di sana yang parkir cuma ada dua orang. Wahhh sepi amat.

Kita langsung naik ke bukit itu, hhaahh rasanya ngos-ngosan ketauan gak pernah olah raga hehhehe. Kita langsung ke bagian belakang bukit dulu kemudian mutar naik ke atas puncak. Di puncak ada 4 orang pemuda sepertinya warga sekitar. Apes kita naik mereka malah turun dan denggg rasanya kok  aku jadi mrinding. Udah kabutnya turun nutupin pemandangan dan kita cuma berduan ahhh gak enak banget hawanya rasanya kayak ada yang ngawasin. Karena gak nyaman akhirnya aku minta turun. Pas turun pun aku gak mau di belakang, aku langsung ambil depan sendiri rasanya kayak ada yang nginthil. ahhh mungkin cuma feelingku aja, tapi sumpah gak enak banget. Udah rungkut banget pohonnya jadi gelap tapi aku gak berani bilang sama si abang. Intinya hawanya gak nyaman banget. Barulah sampai bawah rasanya plong lega banget hawanya udah gak dingin tapi sedikit anget. Ahh pokonya gak mau lagi kalau pas sepi ke sana.
Bukit Widosari bagian belakang

Puncak Widosari

Tuh kan jadi gelap kabut semua

Kebun Teh Nglingo - Puncak Widosari
Setelah sampai di parkiran, kita langsung ke arah jalan utama samigaluh melewati jalan pertama tadi yang lumayan sangat ekstrim sekali. Dengan pelan-pelan akhirnya kita sampai di masjid dekat jalan utama tadi. Wahh sudah banyak pemuda yang berjaga untuk menunjukan lokasi jalan alternatif ke Kebun Teh. Kemudian kita berhenti di masjid ini untuk sholat dhuhur dulu. Ehhh malah hujan, sambil nunggu reda kita istrahat sebentar. Setelah reda, jam 13.00 kita melanjutkan perjalanan ke arah Air Terjun tertinggi di Yogyakarta yaitu air terjun Sidoarjo. Tapi sayang disayang GPS tidak bersahabat baik nanya warga juga malah kesasar ke Curuk Siluwuk. Ndak papalah sudah nyampe ini hhehhe. Jalannya aku sedikit bingung tetapi dari jalan utama sudah banyak papan petunjuk ke curuk siluwuk.
Arah Pucak Widosari ke Curuk Siluwuk

Air Terjun Siluwuk
 Kita sampai di curuk Siluwuk pukul 13.30 kemudian masuk membayar retribusi 3.000,00 per orang dan parkir motor Rp 2,000,00. Setelah itu kita jalan yah kira-kira 1 km an menuju curuk. hehhehehe ngos ngosan banget abis naik gunung dua kali sekarang jalan panjang banget. Tetapi setalah sampai di curuk terbayar sudah lelah kita. Bagus banget makkk pengen nyemplung hiks... tetapi malah hujan sebentar aku jadi bad mood. Setalah hujan reda, jam menunjukan pukul 14.30, kita langsung memutuskan untuk pulang. Pas ke luar eh ada plang ke arah Jogja yasudah kita ikuti dan akhirnya mmuncul di pas tanjakan pertama dekso dan ada plang ke arah curuk sidoarjo ahh sedikit nyesel tapi gak papalah lain kali ke sana lagi. Jam 16.30 kita mampir makan dulu di SS depan Gor UNY dan magrib kita baru sampai rumah hehhe.

Biaya :

1. Bensin                                                                     : Rp 25.000,-

2. Camilan dan air minum                                          : Rp 25.000,-

3. Makan di SS                                                          :  Rp 50.000,-

4. Parkir kebun teh                                                     : Rp 2.000,-

5. Tiket masuk ke kebun teh                                      : Gratis karena dari atas          

6. Tiket masuk ke Gunung Kukusan dan Kendeng   : Rp 6.000,-

7. Parkir Puncak Widosari                                          : Rp 2.000,-

8. Tiket masuk ke widosari                                         : Rp 9.000,-

9. Parkir curuk siluwuk                                               : Rp 2.000,-

10. Tiket masuk ke curuk siluwuk                               : Rp 6.000,-

Total                                                                               Rp 124.000,- dibagi 2 org Rp 62.000/org

Peta Kebun Teh Nglingo :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar