Kamis, 16 Agustus 2018

Eling Bening dan Cimory on The Valley Bawen Semarang

Pada bulan Mei 2018 kemarin, kembali lagi aku dan mak mak rempong ngadain perjalanan wisata ke Bawen Semarang. Awalnya kita mau menuju tempat wisata baru yang belum pernah aku kunjungi dan belum pernah aku dengar sebelumnya di daerah sekitar jalan salatiga - semarang. Tetapi karena sedang ditutup untuk renovasi akhirnya kita putuskan menuju Eling Bening dan Cimory on The Valley.

Perjalanan dimulai jam 7 pagi dari Jogja menuju Semarang dengan menggunakan 1 minibus dan 1 elf. Alhamdulilah perjalanan kita dari Jogja lancar dan sama sekali tidak terkena macet. Dari Jogja kita menuju jalan utama magelang - semarang. Setelah sampai di pertigaan Ngampin Ambarawa, kita ambil kanan melewati Jalan Jend. M. Sabrini yang merupakan jalan alternatif baru menuju Ambarawa dan melewati Rawa Pening. Dari jalan ini kita bisa melihat bangunan putih dari atas bukit di sebelah utara. Bangunan itu merupakan tempat wisata Eling Bening. Karena tujuan kita Eling Bening, setelah sampai di Jalan utama Bawen kita ambil kiri lurus kira - kira 500 meter ada pertigaan menuju jalan Sarjono, kita masuk ke kiri. Jalan menuju Eling Bening sedikit agak naik lurus kira-kira 500 m nanti akan sampai di pintu masuk eling bening dengan jalan yang lumayan lebar. Jam 11.00 siang kita sampai di Eling Bening.

Eling Bening merupakan sebuah tempat wisata yang lumayan baru. Tempat ini dibuka pada akhir tahun 2015 dan sampai sekarang masih di tahap renovasi. Eling bening berada di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah. Menurutku eling bening ini mengangkat tema bangunan Romawi kuno dengan seluruh bangunannya berwarna putih. salah satu yang khas yaitu tiang - tiang berbentuk bulat berjejer menopang beberapa bangunan di sini. Selain bentuk banguan yang unik - unik, di sini kita akan disuguhi pemandangan yang lumayan cukup memukau. Karena eling bening berada di atas bukit, kita bisa melihat luasnya Rawa Pening dengan latar deretan 8 pegunungan yang berjejer. Salah satunya kita bisa menikmati megahnya Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo. Selain itu kita juga bisa menikmati panjangnya jalan Jend. M. Sabrini yang membentang panjang. Jika beruntung kalian juga bisa melihat kereta uap berjalan melintas di pinggiran rawa pening.

Tiang yang khas dengan bangunan Romawi kuna

Salah satu bangunan Eling Bening
Landscap Eling Bening

Eling Bening mengusung konsep modern resort sehingga fasilitas tempat ini sangat lengkap. Selain digunakan sebagai tempat wisata, tempat ini juga dapat digunakan untuk gathering, meeting, prewedding, dan wedding party. Fasilitas di sini juga lumayan banyak ada restoran, meeting room, kolam renang, dan stage ceremonial and shows. Selain itu, di sini juga menyediakan tempat untuk out bond mulai dari archery area, children playground, hill tracking area, dan flying fox. Dengan lokasi yang tidak jauh dari kota Semarang, tempat ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk datang menikmati liburan. Biasanya wisatawan datang untuk sekedar menikmati pemandangan alam atau berfoto ria dengan bangunan yang unik dan juga berenang. Tiket masuk Eling Bening dibandrol  Rp 20.000,00 per orang saat weekends. Sampai saat ini, eling bening masih melakukan banyak renovasi sehingga tempatnya belum maksimal.

Sekedar saran, jika mengunjungi eling bening sebaiknya pagi atau sore hari karena di sini suasananya lumayan cukup panas di siang hari. Untuk makanan kalian bisa menikmati fasilitas restoran di Eling Bening. Harga makanan di sini di bandrol mulai Rp 30.000,00 -an dan minuman mulai Rp 10.000,00 -an. Kalian bisa juga bawa makan sendiri dan bisa dinikmati di tempat parkir yang lumayan luas sambil bermain ayunan dan melihat bangunan eling bening dari atas. Untuk kamar mandi dan mushola juga tersedia di sini. Letaknya ada di restoran, walaupun tempatnya kecil. Oh ya, buat kalian yang suka berenang bisa banget berenang di sini dengan membayar terlebih dahulu. Kolam renang di sini ada dua yang kecil ada di dekat restorant dan yang biasa buat renang ada di bawah.

Restoran Eling Bening

Salah Satu Banguan Eling Bening

Kolam Renang

Eling Bening
Peta Lokasi Eling Bening:

Setelah puas memutari Eling Bening, jam 1 siang kita lanjutkan makan siang menuju Tahu Baxo Bu Pudji. Tahu Baxo Bu Pudji ini berada di barat jalan tepatnya di Jalan Diponegoro No.14, Mijen, Gedanganak, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah. Di sini menjual berbagai macam bakso yang enak banget loh guys! Buat kalian pecinta bakso wajib nyobain bakso Bu Pudji! Di sini tersedia  bakso biasa, bakso bakar, tahu bakso yang siap di santap. Harga satu bakso berkisar Rp 1.500,00 - Rp 5.000,00 per biji. Jika mau bawa oleh-oleh pulang bisa juga membeli satu pax tahu bakso yang di Bandrol Rp 35.000,00 lupa-lupa inget harganya. Jika mau beli bandeng dan lumpia semarang juga tersedia di sini. Cocok banget tempatnya bisa buat beli oleh-oleh sekaligus bisa menyantap bakso Ikan Bu Pudji.
Tahu Bakso Bu Pudji search by myimage.id
Setelah kenyang makan bakso, jam 2 siang kita lanjut menuju Cimory On The Valley yang jaraknya hanya 4 km ke selatan dari Bakso Bu Pudji. Cimory on the vally ini berada di Jalan Soekarno Hatta KM 30, Begojuh, Jatijajar, Bergas, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis sekali karena tepat di pinggir jalur provinsi Semarang, Jogja, Salatiga. Tepatnya di timur jalan provinsi. Buat kalian pecinta yogurt dan susu wajib mampir ke sini guys. Selain berbelanja kalian juga bisa melihat peternakan sapi dan cara pembuatan yogurtnya loh.

Cimory on The Valley merupakan salah satu resto Cimory yang berada di Semarang. Cimory merupakan perpanjangan dari Cisarua Mountain Dairy yang didirikan oleh Budi Sutantio. Awalnya fungsi didirikannya Cimory untuk menampung produk susu sapi dari peternak sapi kemudian meluas menjadi Agrowisata dan Restoran yang berada di Cisarua, Bogor yaitu Cimory Riverside Forest dan Cimory Mountain View. Buat kalian yang ada di sekitar Semarang tidak perlu jauh-jauh ke Bogor untuk menikmati agrowisata Cimory. Cukup datang saja ke Cimory on the valley dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,00 dan dapetin 1 mini yogurt dan discount berbagai produk cimory.

Cimory on The Valley memiliki konsep minimarket, restoran, dan agrowisata. Jadi di sini kalian bisa menikmati agrowisata peternakan sapi, melihat pembuatan yogurt secara langsung, menikmati hidangan resto, dan berbelanja produk cimory. Buat kalian yang ingin melihat proses produksi susu dan yogurt minimal harus 20 orang. Kalian bisa mengikuti Cimory Farm Life Educational Center dengan membayar 65K per orang dan masing - masing mendapatkan welcome drink, goody bag dan makan siang.

Karena kita datang saat weekends, parkiran kendaraan di Cimory  sampai membludak di pinggir jalan raya. Banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini entah sekedar makan di restoran saja, berbelanja susu dan yougurt atau berkunjung ke agrowisatanya. Kalau tujuan kita di sini untuk berkunjung ke Agrowisata sekaligus belanja susu dan yougurt. Di pintu masuk Cimory di samping kanan langsung masuk menuju Restorant dan disamping kiri merupakan toko Cimory. Jadi yang mau ke resto atau sekedar belanja susu dan yogurt tidak usah membeli tiket masuk. Untuk menuju agrowisatanya, kita membeli tiket terlebih dahulu di ujung dekat restorant. Setelah mendapat tiket, kita masuk menuju agrowisata Cimory On The Valley. Di sini kita disuguhi berbagai macam peternakan hewan, taman bunga, rumah hobit, dan perkebunan.

Cimory On The Valley sangat cocok sebagai tempat wisata dan edukasi bagi anak-anak. Di sini kita bisa mengenalkan mereka berbagai macam jenis hewan seperti sapi, domba, berbagai macam burung, kelinci, angsa, kura-kura, dan ikan. Kita bisa membeli pakan ternak untuk memberikan makan mereka sendiri dan tidak disarankan memberikan makan dengan makanan yang dibeli di luar area Cimory. Buat kalian yang suka selfi juga bisa berfoto ria di taman bunga dan rumah hobit yang ada di sisi utara. Taman bunga dan rumah hobit di sini sangat unik karena terdapat tiang -tiang kayu terbalik yang menyerupai pohon Darah Naga yang hanya tumbuh di Pulau Socotra.

Pohon Darah Naga

Rumah Hobit

Taman Bunga

Peternakan Sapi

Kolam Ikan Arapaima

Beragai Macam Burung di CimoryOn The Valley
Setelah puas melihat berbagai macam binatang dan berselfi ria di taman bunga dan rumah hobit, kita lanjutan menuju pintu ke luar untuk berbelanja yogurt dan susu. Saat kita melewati lorong, ternyata kita bisa melihat pabrik proses pembuatan susu dan yogurt. Ada skat kaca Saat kita sampai toko, kita disuguhi berbagai macam cindera mata seperti gantung kuci, boneka, tas, dan masih banyak lagi. Selain yogurt dan susu fresh disini juga dijual cake produk Cimory. Karena kita datang saat hari libur, banyak sekali pengunjung yang datang sehingga kita harus berdesak - desakan di toko yang ukurannya tidak terlalu besar ini untuk mengambil makanan dan miuman. Produk utama yang paling diincar pengunjung adalah yogurt rasa buah dan susu fresh Cimory yang hanya dijual disini. Harga yogurtnya pun lumayan lebih murah dari pada yang dijual di toko swalayan lain. Waktu aku mau ambil susu fresh rasa buah ternyata sudah habis dan tinggal rasa coklat. Setiap barang datang pasti langsung habis di ambil pengunjung sehingga rolling barangnya sangat cepat dan harus menunggu datang dari pabrik. Oh ya buat kamu yang rumahnya lebih dari 4 jam dari Cimory lebih baik kalau beli oleh - oleh selain yogurt dan fresh milknya karena dua produk ini hanya bertahan 4 jam di suhu normal. Jadi bila beli langsung diminum saja.

Buat kamu yang ingin mencoba restoranya boleh juga. Makanan yang dijual di sini berupa makanan ala western seperi steak, sosis, pasta dan masih banyak lagi. Untuk harga makanan dan minuman mulai dari Rp 20.000,00-an. Di depan restoran juga terdapat toko baju, toko coklat, dan toko oleh-oleh yang bisa menjadi alternatif oleh-oleh lain selain susu dan yogurt. Pokoknya datang ke Cimory on The Valley kalian bisa dimanjakan dengan susu dan yogurt karena di sini merupakan surganya yogurt.