Jumat, 02 Februari 2018

Hutan Pinus Pengger Dlingo

Cetta Abipraya
Hai sahabat traveler, pasti kalian pengen banget liburan ke Jogja kan? Hihihi ada tempat wisata baru nih di Jogja. Tempat wisata baru ini berada di salah satu perbukitan yang berada di daerah Dlingo sebelah timur Bantul yang berbatasan langsung dengan Gunung Kidul. Di Dlingo dibuka wisata baru Hutan Pinus Pengger. Hutan Pinus Penger merupakan tempat wisata hutan pinus dengan berbagai macam spot foto yang menarik. Selain itu, di hutan pinus pengger ini kita bisa menikmati sunset dengan hamparan perbukitan yang sangat luas.

Dengan dibukanya Hutan Pinus Pengger, Bantul memiliki 3 Hutan Pinus yaitu Hutan Pinus Asri Mangunan, Puncak Becici, dan Hutan Pinus Pengger. Lokasi antar hutan pinus tidak begitu jauh kok karena terdapat pada satu lokasi yang saling berdekatan. Akses menuju Hutan pinus pengger sangatlah mudah. Dari kota Yogyakarta kita menuju jalan wonosari ke arah Pathuk Gunung Kidul. Nanti setelah sampai di perempatan kecil dekat polsek Pathuk, kita langsung ambil kanan menuju ke arah Dlingo. Setelah sampai dijalan bercabang, ambil cabang ke kanan yang menuju arah hutan pinus pengger. Ikuti jalan aspal kecil nanti sampai di watu amben masih lurus lagi. Perjalanan kira-kira 4 km nanti akan sampai di hutan pinus pengger kanan jalan. Tidak usah takut untuk salah arah, di setiap persimpangan jalan menuju hutan pinus pengger sudah diberi papan petunjuk jalannya. Perjalanan membutuh waktu kira-kira satu jam perjalanan dari kota. Untuk kendaraan diharapkan menggunakan mobil, suttle atau bus kecil dikarenakan akses jalan yang menurutku pas-pasan.

Tiket masuk menuju Hutan Pinus Pengger per orang Rp 2.000,00 dan parkir motor Rp 2.000,00. Di hutan pinus ini, kita juga bisa berkemah dengan biaya tersendiri. Saat masuk pintu masuk hutan pinus pengger, kita sudah dimanjakan dengan hawa sejuk hutan pinus. Karena saat aku datang pas lagi musim hujan, jadi harus hati-hati karena jalanan licin. Di dalam hutan pinus terdapat banyak sekali karya seni yang dibuat oleh seorang seniman bernama Wisnu Ajitama. Seniman satu ini memanfaatkan tumbuhan ilalang liar untuk membuat sebuah karya seni yang menarik. Karya seni ini menjadi  spot foto yang merupakan icon wisata Hutan Pinus Pengger. Bagi beliau, hasil karya seninya selain digunakan sebagai daya tarik wisata hutan pinus pengger, juga digunakan sebagai bahan pembelajaran kepada masayarakat dalam hal mendaur ulang tanaman liar. Tanaman liar tidak kemudian dibakar saja tetapi digunakan sebagai bahan untuk membuat karya seni yang menarik. Hasil karya seni Wisnu Ajitama sangat banyak sekali di Hutan Pinus Pengger. Seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini:
Panca Wara
Ada Panca Wara yang berupa bentuk tangan dengan jari ke atas. Pancawara berarti siklus lima harian dalam weweran adat jawa dan bali. Ada pon, wage, kliwon, umanis, pahing. Weweran ini sangat berpengaruh langsung pada kehidpan manusia. Kemudian karya seni yang lain ada Cetta Abipraya yang berbentuk tumpeng dengan akar yang menjulur di atasnya. Cetta berarti berpengetahuan luas dan Abipraya berarti disiplin. Tumpeng ini melambangkan seorang manusia ketika ke luar mencari ilmu dan rizki harus dilakukan benar-benar. Kemudia akar yang menjulur bermakna manusia tidak akan pernah lepas dari karunia Tuhan.
Cetta Abipraya
Karya seni yang ketiga ada Sabrang Anindha. Sabrang Anindha berbentuk seperti pintu gerbang yang disetiap tiangnya berbentuk gubuk kecil dengan jendela dikedua sisinya. Karya seni ini bermakna bahwa manusia saling membutuhkan satu sama lain tidak bisa hidup sendiri. Sabrang artinya tempat yang berhadapan dengan kita dan anindha berarti kebajikan.
Sabrang Anindha
Kemudian karya seni yang keempat ada Asuma Paduraksa. Asuma berarti prihatin dan Paduraksa berati sebuah gerbang yang sekaligus sebagai pembatas dalam wilayah tertentu seperti keraton, makam, dan tempat peribadatan. Asuma Paduraksa berbentuk sebuah gerbang yang berbentuk bulat dan memiliki atap di atasnya. Asuma Paduraksa memiliki makna bahwa setelah manusia masuk ke sebuah ruangan yang secara sadar meninggalkan lingkungan yang hiruk pikuk yang menjauhkan indrawi kita terhadap alam. Karya seni ini dijadikan sebagai pintu masuk dan ke luar hutan pinus pengger.
Asuma Paduraksa
Dan karya seni yang terkhir adalah Marmati. Marmati berbentuk sebuah tumpeng dengan lubang bulat di bawahnya. Marmati kependekan dari samar mati, seperti istilang patang kiblat, lima pancer manusia tidak dapat lepas dari ruang tersebut. Makna dari marmati adalah manusia pasti ada waktu dimana mereka meratapi diri akan apa yang sudah mereka lakukan di dunia ini dan pada akhirnya mereka merasa takut pada kematian.
Marmati
Itulah kelima karya seni dari Wisnu Ajitama di hutan pinus pengger. Selain keren banget, karya seni ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kehidupan manusia. Karya seni ini mengingatkan kita akan selalu bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan ini. Dan tak lupa juga mengingatkan kita untuk selalu ingat kepada-Nya. Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari karunia Tuhan dan hidup berdampingan dengan orang lain. Oleh karena itu, selalu taat menjalankan ibadah dan jangan lupa bersilaturahmi kepada orang lain.

Karya seni di atas biasanya ramai pada saat malam hari. Spot Panca Wara dan Cetta Abipraya menjadi spot foto paling digemari wisatawan. Dua spot ini akan terlihat sangat magis saat difoto dengan latar belakang lembah dengan gemerlap lampu malam. Well aku saranin kalian yang mau foto di kedua spot ini waktu malam hari bagus banget hasilnya. Foto di setiap spot akan dikenakan dana seiklasnya untuk biaya perawatan. well gimana guys tertarik?

Selain menawarkan keindahan hutan pinus dan spot foto di atas, kita juga dimanjakan dengan view lembah perbukitan di sebelah barat hutan pinus. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunset dengan latar perbukitan kecil yang sangat menawan. Keren banget kan hihihi. Selaain itu di hutan pinus pengger juga ada spot foto hammock yang disewakan oleh panitia setempat. Duhh enaak banget nyewa hammock kemudian tiduran dengan menikmati sunset serasa menikmati indahnya surga dunia.

Lembah
Hammock
Spot foto di atas pohon
View hutan pinus pengger


Lokasi hutan pinus pengger :

2 komentar:

  1. Salam... Terimakasih sudah mengulas pinus pengger, sangat berguna untuk para traveler yang ingin berkunjung kesini...

    BalasHapus