Minggu, 04 Februari 2018

Hutan Pinus Becici atau Puncak Becici Dlingo

Puncak Becici Dlingo
Masih di seputran Dlingo, Bantul, Yogyakarta, kita akan membahas destinasi wisata Hutan Pinus Becici atau Puncak Becici. Puncak becici baru saja diresmikan pada tahun 2015 lalu. Hutan pinus ini awalnya hanya sebuah hutan pinus yang diambil getahnya oleh para petani getah disekitar hutan. Kemudian pada tahun 2015, para petani getah mengelola hutan pinus dijadikan sebagai tempat wisata baru dan pohonnya sudah tidak diambil getahnya lagi. Luas hutan ini sekitar 4,4 hektar dan diujung barat berbatasan langsung dengan tebing sehingga cocok untuk menikmati sunset disore hari.

Akses menuju hutan pinus sangat mudah sekali. Dari Kota Yogyakarta kita langsung menuju Jalan imogiri timur. Sesampai di pertigaan pasar imogiri yang ditengahnya ada pohon beringin, ambil kiri ke arah makam raja-raja. Sampai di pertigaan ambil kanan lurus ke arah Dlingo. Ikuti jalan berkelok hingga sampai di pertigaan kalau ke kanan ke arah taman buah mangunan kita ambil kiri lurus ke arah Hutan Pinus Asri. Kita akan melewati hutan pinus asri tetapi masih lurus kira-kira 1 km. Nanti ada pertigaan lagi ambil kiri lurus ikuti jalan utama akan sampai di pintu masuk puncak becici di sebelah kiri jalan. Jarak tempuh kira-kira 30 km dari kota Jogja. Untuk kendaraan diharapkan dalam kondisi prima karena akses menuju puncak becici sangat menanjak dan berkelok. Sudah ada beberapa kasus bus yang kecelakaan menabrak bukit bego hingga memakan korban. Rata-rata karena rem blong. Jadi buat kalian yang ingin menikmati tempat wisata di seputar mangunan siapkan kendaraan yang prima dan jangan lupa berdoa. Biaya masuk Puncak becici hanya Rp 2.000,00 per orang dan parkir motor Rp 2.000,00. Murah sekali kan guys hihihi.

Pada Bulan Juli 2017 lalu, Obama beserta keluarga berkunjung ke Puncak Becici. Mereka berlibur ke Indonesia dan memilih Yogyakarta sebagai destinasi wisata. Obama memilih Puncak Becici sebagai salah satu destinasi yang ingin beliau kunjungi. Saat Obama berkunjung ke puncak becici, beliau sangat menikmati keindahan tempat ini. Warga dan wisatawan pun mengabadikan momen langka ini bertemu dengan presiden ke-44 Amerika Serikat. Wah sekelas mantan Presiden AS aja memilih Puncak Becici sebagai slaah satu destinasi wisata. Semoga dengan berkunjungnya Obama ke tempat ini dapat mempromosikan wisata Puncak Becici ke seluruh Dunia. Benar saja, setelah Obama berkunjung ke Puncak Becici, wisatawan domestik maupun luar negeri berbondong-bondong mengunjungi tempat ini.

Perbedaan tempat ini dari awal buka hingga sekarang memang sangat siknifikan sekali. Di sini kita tidak hanya cuma menikmati hutan pinus dan sunset saja tetapi kita juga bisa melakukan outbond dan bisa mengabadikan momen bersama spot foto yang unik-unik. Seperti rumah pohon, miniatur rumah hobit, panggung, kuliner makanan yang berjejer disepanjang pintu masuk, dan juga bisa menyewa hammock. Kita juga bisa menyewa mobil trail untuk mengelilingi hutan pinus becici. Fasilitas seperti mushola, toilet, dan aula juga ada tersedia di sini.
Panggung menikmati sunset di sebelah utara puncak becici
Hammock
Kuliner di Puncak Becici
Rumah Hobit
Hutan Pinus Becici
Selain menikmati sejuk dan indahnya hutan pinus, kita juga bisa menikmati hamparan lembah di sebelah barat Hutan Pinus. Di sini terdapat tebing yang menghadap ke barat sehingga cocok untuk menikmati sunset disore hari. Biasanya saat musim kemarau, pengunjung berbondong-bondong datang disore hari untuk menikmati sunset. Kita bisa menikmati sunset di atas rumah pohon atau duduk-duduk di pinggir tebing. Selain sunset, kita juga bisa menikmati kabut yang menyelimuti lembah dipagi hari. Well cucok banget kan guys bagi kalian pecinta sunset jangan sampai tidak mengunjungi tempat ini. Dijamin keren banget.