Jumat, 28 Oktober 2016

Backpacker ke Pantai Srau Pacitan Part II

Bukit Pantai Srau
Hai agan agan melanjutkan ceritaku tentang jalan-jalan ke Pacitan, di sini aku akan menjabarkan tempat-tempat wisata yang sangat bagus yang udah aku kunjungi. Ahhh jadi pengen ke sana lagi. :( :'( Pokoknya gak bakal nyesel deh!!!
Jam 6.30 kita sudah masuk di perbatasan Wonogiri dan Pacitan, ahhh tinggal satu jam lagi kita sampai di Pantai Srau. Tujuan kita pertama adalah ke Pantai Srau karena paling jauh menurut kami. Sebenernya sih ada yang lebih jauh lagi, tapi nanti dulu heheh. Langsung saja kita meluncur ke Pantai Srau. Jalannya ikuti jalan utama, setelah ketemu pertigaan yang ada petunjuk ke kanan ke arah Goa Gong dan Pantai Klayar, tetep lurus ikuti jalan ke arah Kota. Sesampai di pertigaan Donorejo, kita ambil jalan bus ke kanan yang jalannya lebih lebar jangan lurus ke arah kota yang jalannya lebih sempit. Di sana sudah ada petunjuk ke arah Pantai Srau, Watu Karung dan Telengria. Ikuti jalan nanti di samping kanan ada Taman Teknologi Pacitan kita tetap lurus terus. Hati-hati jalannya sepi lebar dan berkelok-kelok. Jalan ini banyak dilalui bus dan truk yang tidak boleh melewati jalan kota.
Di sekitar jalan kita disuguhi hutan lindung yang sangat rimbun dengan hawa yang begitu sejuk. Kemudian kita menemui seperti rest area di kiri jalan. Di sana tertulis bahwa akan menjadi tempat wisata tetapi baru direnovasi. Kita langsung berhenti untuk istirahat sejenak karana dari Jogja kita belum sempat istrahat. Perut sudah keroncongan pengen ngemil. Hutannya bagus banget seperti hutan pinus tapi daunnya kekuningan. Rasanya masih pengen betah berlama-lama di tempat ini. Tapi karena waktu sudah semakin siang, kita putuskan lanjut menuju Srau.

Rest area
Melanjutkan perjalanan, kita menuju ke salatan ke arah Pantai Srau, kira-kira 3 km kita bertemu pertigaan yang ada petunjuk jika ambil kanan ke arah Patai Srau dan Watu Karung. Kita ambil ke kanan dan menyusuri jalan perkampungan. Jalannya sudah lumayan bagus dan aspalnya sepertinya baru diperbaharui. Tahun 2014, aku pernah melewati jalan ini dan sangat rusak sekali. Tetapi tahun ini ke sana alhamdulilah sudah bagus. Jalannya begitu sempit, bila bersimpangan dengan sesama mobil sepertinya tidak muat. Jadi bila bawa mobil harap untuk berhati-hati. Sekitar 8 km an kita melewati pedasaan dengan jalan yang berkelok naik turun. Jam menunjukan pukul 7.30 dan alhamdulillah kita sampai di Pantai Srau.
Karena bukan weekday, pantainya sangat sepi dan kita berasa di privet beach. Ahhh pengen lama di sini. Menikmati indahnya deburan ombak dengan pasir putih pas banget dengan cuaca yang mendung. Pantai Srau ini memiliki tiga spot pantai. Kita langsung menuju pantai yang paling ujung. Wahhh banyak banget yang lagi camping dan mandi laut. Kita putuskan untuk naik bukit. Bukitnya cukup landai dan banyak pemancing yang sedang duduk menarik kail. Ahhh.. jadi seperti merese hill, kangen Merese Hill Lombok :'(. Sungguh menakjubkan ciptaanmu ya Allah. Ada pantai yang diapit dua bukit dan laut menjorok ke daratan kemudian ada hamparan bukit karang di tengah laut yang menjadi rumah untuk beberapa burung. Ahhh indah sekali jadi masih pengen berlama-lama di sini. Perjalanan yang panjang dan melelahkan tergantikan dengan indahnya pantai ini.
Bukit karang pantai srau

Kebun Kelapa Pantai Srau
Pantai Srau

Abaikan :D
Ahhh setlah jam menunjukan Pukul 10.00 waktunya untuk melanjutkan ke Pantai Klayar. Sebenarnya masih pengen nikmatin Pantai Srau, masih betah di sini. Tapi apa daya masih ada 3 destinasi lagi yang mau di kunjungi. Jika kalian dateng ke Pantai ini, gak bakalan nyesel deh!! Bila ada rejeki masih mau ke sini lagi :D
peta-pantai-srau
Peta Pantai Srau
Peta Pantai Srau :

Biaya :
Tiket masuk Pantai Srau 2 orang 1 motor (termasuk parkir) Rp 8.000,-

Untuk perjalanan selanjutnya ke Part 3 ke Pantai Klayar, Buyutan, dan Banyu Tibo.