Jumat, 04 Mei 2018

Lautan awan di Hutan Pinus Asri Dlingo

Hutan Pinus Asri
Pengen banget nikmatin suasana lautan awan di atas gunung? Tapi fisik tidak memungkinkan untuk mendaki? Jangan sedih! Kita bisa menikmati lautan di atas awan tanpa susah-susah buat mendaki loh! Kita bisa datang ke Negeri di Atas Awan - nya Bantul yaitu di Dlingo. Dlingo merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Letaknya berada di tenggara Kota Yogyakarta dengan jarak 28 km atau satu jam perjalanan.

Dlingo merupakan daerah perbukitan yang berbatasan langsung dengan Gunung Kidul. Karena tempatnya merupakan perbukitan dan ditambah terdapat aliran sungai oyo membuat tempat ini penuh dengan lembah - lembah yang bila pagi hari akan dipenuhi oleh kabut. Bila pagi hari kita bisa menikmati lautan awan tanpa susah - susah mendaki gunung. Kita hanya perlu berangkat subuh dengan perjalanan kurang lebih satu jam perjalanan menuju Dlingo untuk meniknati lautan awan. Akses ke Dlingo cukup nanjak dan jalanan tidak lebar sehingga diharapkan kendaraan yang dipakai harus dalam kondisi prima. Biasanya para wisatawa menggunakan kendaraan berupa motor, mobil pribadi, elf dan bus pariwisata yang berukuran sedang untuk menuju Dlingo. Kalian jangan takut bila keadaan sepi karena sekarang di Dlingo jika pagi hari sudah ramai banget wisatawan datang untuk menikmati sunrise dan lautan awan.

Pada bulan Maret 2018 lalu, aku pengen banget menikmati lautan awan di Dlingo. Banyak sekali tempat wisata di Dlingo yang menawarkan lautan awan seperti Kediwung, Taman Buah Mangunan, Hutan Pinus Asri dan masaih banyak lagi. Kali ini aku memilih Hutan Pinus Asri untuk menikmati sunrise dan lautan awan. Karena suamiku sangat susah bangun pagi yang rencananya berangkat habis subuh akhirnya molor jadi berangkat jam 5 lebih. Akhirnya setelah setengah jam perjalanan (karena rumahku tidak terlalu jauh) kita sampai di Hutan Pinus Asri dengan matahari sudah naik. Gagal deh sunrisenya. Dengan perasaan ndongkol akhirnya kita parkir di depan Hutan Pinus Asri. 

Rute menuju hutan pinus asri sangatlah mudah. Dari kota Jogja ambil jalan menuju jalan imogiri timur. Dari jalan imogiri timur lurus terus sampai pertigaan imogiri yang ada pohon beringinnya. Dari sini ambil kiri kira-kira setengah kilo ada plang ke kanan ke arah Dlingo. Langsung saja ambil kanan ikuti jalan menanjak kira-kira 4 km sampai di pertigaan yang apabila kita ambil kanan menuju Taman buah mangunan, kita ambil kiri nanjak ke arah hutan pinus.  Dari sini kita akan melewati tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Hutan Pinus Mangunan. Ingat yah Hutan Pinus Asri berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan. Lokasi Hutan Pinus Asri berada di sebelah utara Hutan Pinus Mangunan. Jadi bila kita sudah melewati hutan pinus mangunan, kita lurus lagi kira-kira 500 meter nanti akan sampai di Hutan Pinus Asri. Perbedaannya bila di Hutan Pinus Asri kita bisa menikmati keindahan hutan pinus sekaligus menikmati sunrise dan lautan awan, sedangkan di hutan pinus mangunan kita hanya menikmati keindahan pohon pinus saja.



Setelah kita parkir motor di hutan Pinus Asri, kita lanjut menuju loket masuk. Biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,00 dan biaya masuk sebesar Rp 2.500,00. Para wisatawan rata-rata masuk langsung menuju spot sunrise yang berada di bukit ujung timur hutan pinus asri. Karena aku pikir kita sudah kesiangan dan gak bakalan dapet sunrise dan lautan awan, kita cuma jalan santai menikmati pohon pinus menuju tebing dan ketemu bule-bule cantik hihihihi. Setelah berjalan kurang lebih 500 meter akhirnya kita sampai di tebing, surpriseeeee lautan awan masih membantang luas dengan matahari yang mulai memanas. Ya allah sungguh indah ciptaanmu!!! Aku langsung duduk menikmati lautan awan yang sangat menakjubkan. Gak kalah bagus deh dengan lautan awan yang ada di atas gunung. Semua sudah tergantikan di sini. Jadi terobati deh kangenku menikmati keindahan lautan awan di Dlingo. Padahal suamiku lagi sakit karena flue tapi dia tetep mau nganter aku ke sini. Makasih yah :*

Hutan Pinus Asri

Lautan awan

Panggung lautan awan

Burung Garuda

Rumah kayu


Spot foto di hutan pinus asri banyak sekali. Ada rumah nanas, rumah pohon, spot love, spot bintang, rumah kayu, sangkar burung, burung garuda, dan panggung untuk menikmati lautan awan. Buat aku spot terfavorit yaitu panggung yang berlatar lautan awan yang sangat memukau. Betah banget kita di sana menikmati keindahan lautan awan hingga akhirnya matahari mulai naik dan awan-awan mulai menghilang. Akhirnya kita putuskan naik menuju hutan pinus. 



Buat kalian yang ingin menikmati liburan bersama keluarga besar atau bersama teman-temanmu, cocok banget nih kalian datang ke hutan pinus asri. Kalian bisa melakukan outbond bersama rekan kerja dan sekolah atau berkumbul sambil menggelar tikar duduk bersama keluarga  besar menikmati kesejukan dan keindahan pohon pinus asri. Cocok banget buat istirahat sebentar dari rutinitas yang sangat melelahkan setiap hari. Di sini juga sudah tersedia warung makan - warung makan, toilet dan mushola bagi pengunjung. Parkir motor dan parkir mobil pun cukup luas kok. 

Rumah Pohon

Spot Love

Spot Bintang

Pintu Masuk

Taman

Lokasi Hutan pinus asri :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar